Profil

Progaram Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berdiri pada tanggal 29 Februari 1987 melalui surat keputusan pendirian Nomor : 0270/SK/01/1987 Tertanggal 08 Mei 1987.

Pada tahun 1990 Program Studi Teknik Elektro memperoleh status “Diakui” melaui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.043/O/1990 tertanggal 17 Januari 1990 dan pada tahun 2010 Mengalami peningkatan status dari pemerintah menjadi status “disamakan” melalui Surat Keputusan Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.240/Dikti/Kep/1994.

Pada tahun 2014 Program Studi Teknik Elektro melakukan pengajuan akreditasi kepada BAN-PT, dan memperoleh peringkat “B”, Berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional 451/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014.

Dengan bantuan dan bimbingan Badan Penjamin Mutu (BPM) tingkat Universitas dan Gugus Peminjaman Mutu (GPM) pada tingkat Fakultas serta Unit Penjamin Mutu (UPM) pada tingkat Program Studi bersama Pimpinan Program Studi Teknik Elektro melakukan evaluasi kembali analisis SWOT yang telah disusun.

Inventarisasi data pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi pada Program Studi Teknik Elektro sesuai analisa kebutuhan dilakukan dengan memperhatikan proses pembelajaran yang lebih intensif agar tenaga, waktu dan dana pendidikan dapat digunakan lebih efisien dan efektif.

Struktur organisasi yang dimiliki menunjukkan derajat tanggung jawab terhadap seluruh kegiatan pada Program Studi Teknik Elektro, serta berkelangsungan kegiatan operasional tersebut tidak ditekankan pada garis komando, melainkan lebih pada proses konsultasi. Proses konsultasi juga merupakan dasar dari pelayanan terhadap kegiatan studi mahasiswa.

Upaya-upaya memotivasi mahasiswa Program Studi Teknik Elektro diwujudkan dengan menyediakan Dosen Penasehat Akademik dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Pembinaan Kemahasiswaan Program Studi Teknik Elektro dilanjutkan dengan mendorong terbentuknya kelompok-kelompok diskusi yang pada akhirnya akan memunculkan suasana kompetitif dalam kegiatan kemahasiswaan.

Pengembangan tenaga pendidik Program Studi Teknik Elektro dilakukan dengan mengharuskan semua dosen berpendidikan magister, menyertakan dalam kegiatan seminar, diskusi, short course, penelitian-penelitian dan pengabdian masyarakat. Sedangkan tenaga kependidikan diwajibkan untuk memiliki kemapuan aplikasi komputer khususnya dengan sistem WAN (Wide Area Network) yang dimiliki saat ini oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Dimana seluruh kegiatan yang dilangsungkan didukung oleh penyediaan dana operasional. Kemampuan ini terus menerus ditingkatkan, demikian juga pada penyediaan sarana dan prasarana seperti gedung, ruang kuliah, ruang dosen, laboratorioum komputer, fotocopy, pusat kesehatan mahasiswa, lapangan olah raga, panjat dinding (Wall Climbing), TV ataupun sarana-sarana perkuliahan seperti OHP, Komputer, White Board, dan sebagainya.

Kurikulum pada Program Studi Teknik Elektro dibuat agar mahasiswa memiliki kemampuan pengetahuan serta keahlian (skill) dalam memahami memahami dan menganalisa berbagai permasalahan keteknik listrikan, unggul dalam membangun peradaban bangsa dengan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sumber daya manusia berdasarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.